Kegiatan Cash For Work di Kelurahan Sungai Jawi

Pontianak, Berbicara tentang perempuan, tidak sedikit hasil kajian yang menyebutkan bahwa perempuan tergolong kelompok rentan yang sering mengalami berbagai masalah, seperti kemiskinan, bencana alam, konflik, kekerasan, dan seabreg masalah sosial lainnya . ini terjadi di beberapa negara yang masih berpikir lawas, bahkan sampai sekarang masih saja perempuan acapkali dianggap sebagai kelompok lemah sehingga mereka tidak memperoleh persamaan hak dengan laki-laki karena perempuan dinilai hanya becus dalam melaksanakan pekerjaan yang berkaitan dengan urusan domestic rumah tangga saja . betulkah demikian ?
seiring berjalannya waktu, perempuan mulai bangkit dan berhasil membuktikan bahwasanya keberadaan mereka layak diperhitungkan dalam berbagai aktifitas , tidak bisa lagi dianggap remeh karena telah turut berpartisipasi terhadap kegiatan kemasyarakatan dalam hal ini adalah kegiatan padat karya Cash For Work (CFW) di Kelurahan Sungai Jawi - Kecamatan Pontianak Kota
Keterlibatan kaum perempuan dalam kegiatan CFW membuktikan bahwa perempuan mempunyai peran yang sama dengan kaum pria karena merekapun bisa menjadi pekerja sebagaimana yang biasa dilakukan laki-laki tanpa mengubah kodratnya sebagai seorang perempuan.
Dalam program KOTAKU selalu disinggung tentang keterlibatan perempuan karena peran perempuan sangat penting dalam kegiatan kemasyarakatan tak terkecuali CFW, dan kegiatan padat karya lainnya dan LKM Kelurahan Sungai Jawi sudah membuktikan dengan melibatkan sejumlah 5 pekerja perempuan .
Pada pelaksanaan kegiatan pemeliharaan drainase wilayah ini perempuan juga bahu-membahu sebagai pekerja di CFW meskipun dilakukan di bulan puasa tetapi mereka tetap semangat disamping untuk perbaikan lingkungan tetapi juga ada amunisi tambahan dari padat karya CFW dan apa yang mereka kerjakan pun tidak jauh berbeda dengan kaum pria,mengangkat lumpur, dorong gerobak dan pekerjaan lainnya yang mungkin sajak dulu masih asing jika dilakukan oleh kaum perempuan.
Dengan keterlibatan kaum perempuan di pelaksanaan padat karya CFW Sungai Jawi sebagai bukti bahwa perempuan memiliki peran yang sama dengan pria dalam pergaulan sosial kemasyarakatan.

Sumber berita : Instagram Kotaku Kalbar