OPD Baru “Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman”

(3/1) Dalam upaya implementasi Perda Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, dimana terdapat perubahan terkait pembagian urusan pemerintahan dan penyesuaian nama OPD. Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Perumahan Kota Pontianak merupakan salah satu dari beberapa OPD yang diubah.

Sebelum perubahan Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Perumahan Kota Pontianak terdiri dari 4 bidang yaitu bidang Cipta Karya, Bidang Tata Ruang, Bidang Pengawasan dan Pengendalian dan Bidang Perumahan. akan tetapi setelah diberlakukannya Perda Nomor 7 Tahun 2016 tersebut, Dinas Cipta Karya telah digantikan dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman yang terdiri dari 3 bidang yaitu Bidang Perumahan, Bidang Kawasan Permukiman dan Bidang Pertanahan.

Adapun Ruang Lingkup tugas dari bidang-bidang tersebut sebagai berikut :

Bidang Perumahan meliputi perencanaan dan penyediaan perumahan dan penyediaan prasarana sarana utilitas (PSU) perumahan.

Bidang Kawasan Permukiman meliputi penataan lingkungan permukiman dan peningkatan kualitas permukiman.

Bidang Pertanahan meliputi survey, pemetaan dan legalisasi, pengadaan dan pemanfaatan tanah, serta pengaduan dan penyelesaian sengketa.

Tugas, Pokok dan fungsi serta Uraian tugas pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman secara terperinci dijabarkan dalam Peraturan Walikota Nomor 70 tahun 2016 tentang Kedudukan, Struktur Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas dan Tata Kerja

Untuk Bidang Penataan Ruang, Bidang Pengawasan dan Pengendalian Bangunan serta Bidang Cipta Karya masuk dalam kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.(tu)